Selasa, 11 Mei 2010

Remaja Australia Ternyata Lebih Nakal dari AS

Tingkat kenakalan remaja di Australia ternyata lebih tinggi dibanding remaja di Amerika Serikat. Ini hasil penelitian terbaru yang dilakukan Murdoch Children’s Research Institute di Australia dan Universitas Washington.

Kesimpulan atas fenomena kenakalan remaja di kedua negara tersebut diperoleh dengan mewawancarai 4.000 pelajar berusia antara 12 dan 16 tahun di Victoria, Australia, dan di Washington State, AS.

Para peneliti mewawancarai para remaja tersebut, apakah dalam setahun terakhir mereka pernah menyerang seseorang secara oral yang sangat menyakitkan hati, atau memukul badan seseorang sehingga mengalami luka serius yang memerlukan pengobatan medis.

Dalam penelitian tersebut diketahui, 12,6 persen remaja Victoria memiliki tingkah laku kasar, sedangkan 10 persen remaja Washington berkelakuan sama. Faktor utama timbulnya kelakuan buruk bagi remaja tersebut, antara lain problem di rumah dan juga pengaruh minuman keras dan obat terlarang.

Sheryl Hemphill yang mengetuai penelitian itu mengemukakan, angka kekerasan di antara remaja Australia tak bisa diprediksi dan perlu penyelidikan lebih lanjut. "Hal itu membuat kami lebih hati-hati berpikir mengenai bagaimana menangani masalah kelakuan buruk anak didik di sekolah," katanya.

Dari penelitian itu juga diketahui, para pelajar yang diskors dari sekolah atau ditangkap aparat keamanan akibat kelakuan buruk mereka, jumlah pelajar Australia itu lebih dari satu setengah kali lebih tinggi dibanding remaja di AS dalam 12 bulan terakhir.

Sheryl mengimbau sekolah-sekolah agar mencari alternatif untuk menskors atau pekerjaan yang mendukung agar mereka hingga masuk kembali bersekolah."Ini penting bagi sekolah-sekolah untuk mencoba memahami apa di balik kelakuan buruk pelajar itu," katanya.

Ia menambahkan, program anti-kelakuan buruk yang diterapkan di AS saat ini perlu diadaptasi oleh sekolah-sekolah Australia demi mengurangi tingkat kenakalan remaja di negeri Kanguru tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar